saya, anak norway dan indonesia ( part 2 )

so anyway lanjut lagi yah. postingan yang tadi pas lagi di sekolah, lagi asik2 cerita eh ganti pelajaran jadi mesti gw off in deh komputernya. haha ngga penting nih.

so balik lagi ke anak norway itu.
gw bingung sebingung-bingungnya mesti ngejawab apa.
kiranya inilah yang dibilang culture shock.
yah ampun mesti jawabnya gimana dooooooongg??

option 1 :
"iyah emang indonesia itu payah banget deh. mau ngapa2in dibikin susah sama pemerintah. i wish i weren't born there. saya mau jadi anak norway kayak kamu."

no way! coba mikir yang lain.

option 2 :
"idiiiiiihhhhh siapa yang bilang? kamu sok tau deh dasar bule suka seenaknya. indonesia itu negara hebat tau."

ummm ngga realistik ya kedengarannya.

so gw bilang gini :
"ummm gimana ya ngejelasinnya? emang sih indonesia bukan negara adidaya kayak amerika ato negara makmur kayak norway. tapi kita bukan negara miskin kok. kita selalu punya kesempatan buat mengembangkan diri, dan mencoba jadi lebih baik tiap harinya. kalo ngga besar di indonesia, gw ngga bakal kayak gini. hehe"

trus dia bilang,
"hey you should go for that kind of beauty pageant haha."

maksudnyaaaaaaa??? haha.

ANYWAY .....
yang mau saya ceritakan sebenarnya bukan soal anak norway yang lucu itu.
tapi emang dia lucu sih jadi saya mesti gimana dong?

bukan juga soal pertanyaan dia yang sebenernya agak sensitif tapi yang namanya duta bangsa kan mesti siap sedia ngejawab pertanyaan yang bikin saya sendiri geleng2 kepala.

yang menurut saya menarik adalah..
respon saya tentang pertanyaan soal indonesia.
betapa saya yang sebenernya ngga cinta2 banget sama indonesia, kok jadi sensitif bgt pas ada orang yang nganggap indonesia itu payah.

so saya jadi mikir lagi, well mungkin setelah jauh dari rumah dan berkesempatan melihat negara saya dari sudut pandang yang berbeda.

kayaknya saya jatuh cinta sama indonesia.
yang mungkin ngga sekaya amerika tapi saya bangga lahir dan besar disana.
besar di tempat yang bikin saya belajar untuk selalu menghargai orang lain.

dan sebenci apapun dulunya saya terhadap negara ini. dan semua kerumitan yang ada tiap harinya.

saya jadi berjanji sama diri saya sendiri.
pas saya pulang nanti, saya harus bikin sesuatu yang meskipun kecill tapi bisa berguna buat negara saya.
supaya saya ngga sia2 lahir di sana.
di indonesia :D

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

When You Know, You Know

[A Reflection] If We Die, We Die, But First, We Live

I Would Not Have Known