guru atau bukan

Gw sedang merenung..

cukup lama sampe akhirnya gw menyadari sesuatu yg mungkin aneh..

gw pernah liat anak tk yang bingung mau jawab apa, pas ditanya soal cita2 sama gurunya.
trus si bu guru bilang,,
"Kenapa mesti bingung, kan ada banyak pilihan cita2 di dunia ini.."


Well, bu guru, biarkan saya mencoba mengungkapkan pemikiran aneh saya..
buat saya, ibu adalah orang hebat yang memilih salah satu dari hanya 2 pilihan profesi yang ada di dunia ini.

Yah, manusia yang mau bekerja, cuma punya 2 pilihan.

jadi GURU atau MENJADI SELAIN GURU..

pernah kepikiran nggak sih, betapa besarnya jasa guru dalam kehidupan kita?
buat gw...
BESAR BANGET!!

bayangin apa jadinya sekolah kalo nggak ada guru?
nggak akan pernah ada juara olimpiade fisika yg bakal dielu-elukan..

coba putar balik waktu ke 20 tahun yg lalu..

di sana ada banyak anak ingusan yang nggak bisa apa2 di bangku sd.
trus dengan telaten para guru ngajarin mereka,
dan dengan relanya nganterin mereka ke toilet kalo ada beberapa dari anak ingusan itu yang sakit perut, ato malah mau muntah.
yaiks!!

Dan liat apa jadinya anak2 ingusan itu sekarang.

ada yg jadi insinyur, jadi dokter, jadi profesor, jadi selebritis, bahkan jadi presiden.
smuanya karena kasih sayang dan dedikasi para guru.

tapi coba itung berapa banyak dari anak2 ingusan itu yang memilih utk menghabiskan masa dewasa mereka sbg guru.
nggak banyak!

memprihatinkan ya?
gw pun,,
sebesar apapun rasa hormat gw thdp guru, belom tentu rela jadi guru pas udah besar nanti..

gw mungkin bakal memilih utk menjadi selain guru..

pemerintah pikir dong...
lo smua bisa jadi pejabat juga karna pengorbanan guru lo dulu.
tapi kenapa lo nggak begitu peduli sama kesejahteraan mereka..?

kita butuh banyak guru yang berkualitas, yg peduli dan punya dedikasi.

supaya kita bisa ciptain generasi muda yang super.

kita nggak butuh guru yg harus jadi tukang ojek di luar jam kerja karna gaji mereka ga bisa nutupin biaya hidup mereka..

inget...
cuma ada 2 pilihan cita2 di hidup ini.
JADI GURU atau MENJADI SELAIN GURU..

dan pahlawan2 tanpa tanda jasa itu telah memilih untuk berkorban.
untuk ambil bagian dalam usaha mencerdaskan bangsa ini.
meskipun mungkin mereka nggak dapet timbal balik yg sepadan..

tapi mereka tetep bertahan.
kalo bukan mereka, siapa lagi?????




"Special thanks buat smua guru gw, dari jaman tk smpe sma.
karena kalian, gw bisa tetep berdiri tegak dan menantang hidup ini.
sayang kalian semua..."

-icha-

Comments

Popular posts from this blog

When You Know, You Know

[A Reflection] If We Die, We Die, But First, We Live

Sabrina dan Sebuah Harapan di Tahun 2018