merdeka ?

Kemaren 17an lagi.

Nambah setaun lagi usia kemerdekaan bangsa kita.
Tapi stlh gw renungi sebentar, kayaknya negara kita Indonesia tercinta ini belom bisa dibilang merdeka sepenuhnya.

Kalo definisi merdeka itu adalah hidup bebas tanpa penjajahan dari bangsa lain, oke.. Kita jelas udah merdeka.

Tapi kalo gw ngeliat dari sudut pandang gw sbg seorang siswi kelas 2 sma, gw pikir masih banyak yang ancur dari negara kita.
Dan gw masih merasa terjajah untuk itu semua.


Pikir deh, negara kita ini kan negara kaya, sumber daya alamnya melimpah, penduduknya banyak, posisi geografisnya strategis.
Tapi kenapa masih banyak rakyat miskin?

Indonesia juga negara cerdas.
Buktinya, kita sering menang olimpiade mipa, dan ada banyak bgt orang bergelar serentet yg harusnya concern sama pendidikan, tapi masih aja ada anak yg nggak ngedapetin haknya untuk belajar.
Bahkan buat makan aja susah.

Gampangnya, kita ini kan negara minyak, tapi kenapa harga minyak di sini mahal?

Heran gw.
Jaman2 sekarang nih, pas mau ada pemilihan.
Para calon pemimpin itu kampanye dgn hebohnya.
Janji bakal inilah, bakal itulah.
Janji2 surgalaahh..

Tapi, begitu mereka terpilih, semua lupa tentang janjinya pas masa kampanye dulu.
Smua sibuk mengais rezeki demi kepentingan masing2.
Langsung lupa sama rakyatnya.
Gimana tho?


Pada mikir nggak sih?
Kalo apa yg kita lakuin di dunia bakal kita pertanggung jawabkan di hadapan tuhan?
Pada malu nggak sih nyolong hak rakyat?
Masih punya hati nurani kan?

Gw saranin, jgn pilih pejabat yg miskin.
Kenapa?
Karna begitu dia menjabat, dia cuma bakal jadi penjahat.
Ngabisin duit rakyat.
Mgkn dia pkr, mumpung dia msh berkuasa.

Pilih deh pejabat yg kaya raya.
Yg udah punya duit banyak, tanpa harus morotin rakyat.
Yg peduli sama keadaan bangsa.
Yg nggak lupa berdiri kalo dia udah duduk menjabat nanti.

-ica-

Popular posts from this blog

Sabrina dan Sebuah Harapan di Tahun 2018

When You Know, You Know

Self Publishing More, Self Editing Later (As You Go On)