Hari ini gw rada2 bete kga jelas gitu.
Alasannya simpel, gw lagi liburan, tp nggak ada yg bisa gw kerjain.
Doing nothing all day !
Minggu sebelumnya ( FYI, ini udah masuk minggu kedua liburan gw ), gw udah dengan semangat membersihkan kamar, menata ulang baju2 di lemari, nyampulin buku tulis baru, belajar masak sama nyokap. Dan rutinitas yang jadi playlist liburan gw, -makan, nonton, tidur-

Dan hari ini gw bete berat karna harus melakukan rutinitas yang kurang terpelajar itu.
Gw pengennya ngerjain sesuatu yg bermanfaat, yg menghasilkan gitu.
Tapiii....
Karna hari ini gw masih rada ngantuk, alhasil nggak ada satupun inspirasi yg datang.
Huuufff...

Dan gw pun mulai ngelamun.
Gw inget seseorang yg dulu pernah mengisi hari2 gw. Duileee...
Lawakan2 konyol yg sering kita bahas, perhatian yg slg kita berikan, pokoknya yg indah2 dah kayak telenovela.

Tapi, sifat buruk gw yg lama mulai keluar.
Pendendam..
Nginget2 kesalahan orang lain..

Gw inget jelek2nya dia, saat2 di mana dia nggak memenuhi harapan gw. Saat2 di mana gw nungguin dia ngeberesin urusannya slma 1 jam, tp dia bahkan nggak nyamperin gw utk sekedar say hello.
Damn!
Gw jadi gondok bgt nginget2 itu smua. Perasaan marah gw seolah-olah blom tuntas. Pengen bgt ngelabrak dia skali lg. Marah bgt dah!

Tp tiba2 gw tersadar,
"What am I doing?"
Goblok bgt sih gw. Ngabisin waktu yg bener2 berharga cuma buat mikirin hal2 yg nggak penting.
Jujur ajaa, pas marah2 td, energi gw terkuras bgt. Gw jd laper berat pas udh selesai marah2.
Dan gw jadi sadar kalo menyimpan dendam kpd siapapun ga ada gunanya.

Kayak racun tau ga?
Dgn marah2 kita berharap orang yg kita sebel jd ngerasain penderitaan yg prnh kt alamin. Kita pengen spya dia minum racun, trus mati.
Padahal sebaliknya, kita yg jadi makin menderita gara2 dendam2 nyi pelet itu.
Kita sendiri yg akhirnya minum racun itu, dan mati pelan2.
See?

Menyimpan perasaan negatif ternyata sama sekali nggak berguna.
Sumpah!
Cuma bikin lo cape.
Saran gw, mulai skrg lo lupain smua penderitaan yg prnh hadir dlm hidup lo gara2 org2 di sekitar lo.
Maafin, maafin, dan maafin.
Seberapapun sakitnya, maaf itu ibarat penawar dari racun yg udh lo minum.
Pasti ga gampang, tp gw yakin, bersama kita pasti bisa.

Tuhan yang sedemikian sempurnanya aja mau maafin hamba2nya, yg udah bikin dosa sebanyak buih di lautan.
Knpa kita yg cuma makhluk lemah dan nggak berdaya, jadi terlalu sombong, ngerasa paling bersih, lantas nggak mau maafin orang?

Cerita gw ini, bukan bermaksud ngebuka aib gw sendiri ato aib orang.
Gw cuma berharap, dengan menyebarkan cerita ini, lo bisa ambil hikmah yg ada di dalamnya.
Itung2 sbg penebus dosa gw yg suka mendendam itu.

Sebarin deh, energi positif lo mulai hari ini.
Karna lo juga yg bakal ngerasain efek positifnya di kemudian hari.
Ya?

-ica-

Popular posts from this blog

When You Know, You Know

[A Reflection] If We Die, We Die, But First, We Live

Sabrina dan Sebuah Harapan di Tahun 2018